Thursday 25 October 2007

3 HAL UTAMA KEAMANAN KARTU KREDIT

Tahukah anda bahwa kartu kredit di disain dengan keamanan yang sangat kompleks untuk mencegah keamanan dan kemungkinan terjadinya tindakan fraud. Jadi anda tidak usah khawatir sebagai pemegang kartu kredit…aman-aman wae kok!

Keamanan pertama adalah terletak pada angka yang tertera pada kartu kredit, perhatikan kartu kredit anda pastilah memiliki urutan angka yang sangat panjang VISA Card memiliki 13 angka, sedangkan mastercard memiliki 20 angka. Bayangkan untuk 9 angka saja secara matematis dapat menyediakan 1 biliun kombinasi angka (000000000, 000000001, 0000000002, sampai dengan 999999999) bayangkan kalau ada 10 bahkan hingga 20 angka. Dua perusahaan besar VISA dan Mastercard aja kira-kira memiliki 65 juta nasabah. Bila 65 juta angka dialokasikan pada 10 triliun angka maka akan terlihat perbandingannya yang kecil.

Dengan kata lain apabila ada orang yang ingin meniru angka yang terdapat pada kartu kredit anda maka kemungkinan menemukan angka yang 100% cocok dengan angka yang terdapat pada kartu kredit anda sangatlah keeciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiilllllllll he he he he he.


Keamanan yang kedua adalah tanda tangan yang terdapat di balik kartu anda. Ingat kan setiap kita memiliki kartu maka kita diwajibkan untuk menandatangani kartu tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggug jawab. Gampanganya gini kalau kita melakukan transaksi memakai kartu kredit kita selalu diminta untuk menandatangani “sales draft” hasil tandatangan ini selalu dicocokan dengan tandatangan dibalik kartu kita bukan?

Apabila kartu kita dicuri orang dan tanda tangan kita dihapus dan diganti dengan tandatangan orang tersebut, maka bekas tanda tangan kita akan tetap terlihat sebagai spot putih yang menandakan bahwa tanda tangan tersebut telah diubah.

Keamanan yang ketiga adalah terdapat pada strip magnetic pada kartu. Strip magnetic ini dilapisi oleh “besi oksida” dan di beri informasi yang bisa dibaca oleh computer yang menandakan bahwa kartu tersebut adalah asli. Sangat sulit sekali untuk menentukan informasi apa yang terdapat dalam strip magnetic tersebut sehingga sulit untuk diduplikasi.

Nah searang sudah tahu kan bahwa lebih aman bila kita memakai kartu kredit?



No comments:

 

© New Blogger Templates | Webtalks